Wednesday 25 May 2016

resep kue nastar yang enak

permisi kali ini kami akan memberikan rahasia resep kue nastar yang enak yang biasanya ada dalam sajian dalam hari lebaran begini nih penampakannya:

kue nastar

berikut ini adalah resepnya 


Bahan-bahan:

  • 400 gram tepung terigu
  • 100 gram mentega
  • 50 gram susu bubuk
  • 150 gram keju
  • 150 gram mentega wismen
  • 90 gram gula halus
  • 1sdt vanili
  • 3 butir  kuning telur

BAHAN UNTUK OLESAN nastar:

  • Kuning telur 1 buah 
  • Keju chedar yang diparut( jika ingin menambahkan toping di atasnya)

BAHAN-BAHAN SELAIAN NANAS NASTAR :

§  Nanas palembang 1 buah (kupas kemudian parut halus atau blender)
§  Gula pasir 200 gram( jika ingin rasanya lebih manis dapat diambahkan sesuai selera)

CARA MEMBUAT SELAI NANAS :

1.    Pertama-tama masak nanas sampai airnya menyusut dan adonan menjadi agak lengket.
2.    Setelah itu masukkan gula pasir, aduk terus sampai air habis dan adonan menjadi selai dan bisa dibentuk.
3.    Langkah selanjutnya dinginkan selai nanas lalu bentuk bulat-bulat sesuai selera. Bila selai dirasa terlalu lengket bisa dimasukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu beberapa saat sampai selai sedikit mengeras.
4.    Selain nanas rumahan buatan sendiri siap untuk digunakan.
5.    Bagi anda yang ingin lebih praktis boleh memakai selai nanas segar siap pakai yang dijual dipasaran.


CARA MEMBUAT KUE NASTAR LEMBUT LUMER DIMULUT :

1.    Pertama-tama kocok mentega, margarin, gula halus dan vanili sebentar saja dengan mixer hingga adonan lembel dan adonan tercampur rata saja. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk rata. matikan mixer.
2.    Selanjutnya masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk perlahan dengan sendok kayu atau spatula sampai semua bahan tercampur dengan rata.
3.    bagi adonan menjadi beberapa bagian. Gilas adonan dengan ketebalan yang diinginkan lalu cetak menggunakan gelas untuk menghasilkan adonan lingkaran hingga adonan habis. Isi lembaran adonan dengan selai homemade yang sudah dibuat tadi, lalu bulatkan. Lakukan terus sampai adonan habis.
4.    Langkah berikutnya tata kue diatas loyang yang sudah diolesi oleh mentega margarin agar tidak lengket, beri jarak antar kue jangan terlalu berdekatan. Set oven disuhu 180 derajat celcius.
5.    Olesi nastar dengan bahan pengoles keseluruh permukaanya sampai rata, kita dapat menambahkan toping keju di atasnya  Lalu panggang sampai matang atau sampai berwarna kuning kecoklatan lalu angkat dan dinginkan.
6.    Kue nastar nanas yang lembut siap disantap.

Dalam resep kue nastar ini kita menargetkan membuat kue nastar yang empuk, lembut dimulut.

Agar kue nastar lembut dan tidak keras tipsnya adalah

·               Agar hasilnya lembut jangan mengocok mentega atau butter terlalu lama, karena nastar bukan jenis kue yang harus mengembang berlebihan.
·         jangan terlalu sering menyentuh adonan ketika proses pencetakannya karena dapat membuat kue nastar menjadi keras.
·         Ingat gunakan gula kastor/halus ya, jangan gula pasir. Namun jika gula halus dirumah sedang habis, anda boleh menggunakan gula pasir yang dihaluskan/diblender terlebih dahulu.

·         Agar kue nastar hasilnya tidak reak  jangan buat adonan kulit nastar terlalu tipis atau isian selai nanasnya jangan terlalu banyak atau besar agar tidak retak dan hasilnya memuaskan.


Itulah resep kue nastar yang lembut  dan beberapa tips agar hasilnya bagus  cukup mudah bukan?  Semoga resep ini dapat membantu anda membuat kue nastar  yang enak.

Bagikan

Jangan lewatkan

resep kue nastar yang enak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.