Saturday 10 December 2016

kue khas natal dari seluruh dunia

Natal adalah salah satu hari istimewa yang mungkin akan selalu di tunggu setiap tahun. Hari natal identik dengan kemeriahan yang hangat dan keharmonisan antara anggota keluarga ataupun kerabat. Dalam acaraini biasanya setiap negara memiliki satu menu kue yang menjadi ikon dan harus ada di setiap perayaan natal. Berikut ini adalah kue natal dari berbagai penjuru dunia yang pasti menggugah selera dirangkum sebagai berikut   

1. Kue Strawberry (Jepang)


kue ini adalah kue tradisional khas Jepang yang harus ada pada perayaan natal di negara Jepang. tidak heran pada setiap mendekati natal banyak toko kue disana kebanjiran pembeli yang membeliat ataupun  memesan kue tersebut untuk merayaan natal.

2. Bolo Rei (Portugal) 


Bolo rei merupakan fruit cake tradisional dari Portugal. Kue ini di negaraPortugal merupakan kue khas natal. Bentuknya berbentuk lingkaran dengan lubang ditengahnya seperti donat. Citarasa bolo rei legit dengan aroma harum yang khas.

3. Yule Log (Perancis)


Setiap natal warga Perancis memiliki tradisi membuat dan membagikan kue natal dari resep kue tradisional mereka yaitu kue Yule Log. Bentuk kue Yule Log seperti batang kayu hal ini menggambarkan bahan utama pembuat tungku perapian pada musim dingin yaitu batang kayu 

4. Oliebollen (Belanda)


oliebollen adalah kue khas Natal dari Belanda yang kerap dijuluki donat belanda. Olibollen sebenarnya merupakan penganan khas Belanda dan Belgia (di Belgia dikenal sebagai smoutenbollen). Oliebollen terbuat dari gandum, telur, gist, susu, baking powder, garam, lalu ditambahkan kismis dan irisan apel. Kemudian adonan ini dibentuk bulat-bulat dan digoreng.

5. Stollen dan Gingerbread (Jerman)


Gingerbread adalah kue kering yang dibuat dari spekuk atau biasa dibuat dari kayu manis bubuk, cengkih bubuk, bunga pala bubuk, dan kapulaga bubuk. Sedangkan Stollen roti yang diberi campuran manisan buah, kulit lemon dan kacang almond. Berkat campuran dari aneka buah kering yang sudah direndam rum sebelumnya, aroma roti ini menjadi lebih harum. Jika disimpan selama beberapa hari, maka Stollen akan menjadi lebih lezat dan harum.

6. Panettone (Italia)


Panettone merupakan salah satu kue berupa roti manis asal Milan, Italia. Panettone biasanya dihidangkan pada perayaan Natal dan tahun baru. Panettone ini bahkan menjadi lambang dari kota Milan.

7. Speculaas (Belanda)


Speculaas merupakan salah satu kue khas Natal dari Belanda. Biskuit speculaas ini menggunakan bahan baku berupa bumbu spekkoek dan gula palem. Biskuit speculaas ini memiliki citarasa manis berempah dengan tekstur yang renyah.

8. Kue Lapet (Tapanuli, Indonesia)


Kue Lapet adalah jajanan tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli, yang biasanya ada saat Natal. Kue ini biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang. Proses pembuatannya juga tidak begitu rumit, dimulai dari tepung beras, kelapa parut yang tidak terlalu tua, dan dicampur. Menyusul kemudian parutan gula aren, dan air secukupnya.

9. Kue Poporcis (Ambon, Indonesia)


Saat Natal tiba, sebagian penduduk Ambon akan mengubah menu sarapan mereka dengan kue poporcis atau yang kerap disebut juga sebagai poffertjes. Kue mirip pancake ini terbuat dari labu kuning dan campuran terigu.

10. Klappertaart (Manado, Indonesia)


Manado juga punya kue istimewa untuk menyambut Natal. Tersedia klappertaart yang merupakan cake kelapa dengan campuran susu dan mentega. Dinikmati dengan kondisi dingin, klappertaart sangat nikmat menjadi menu penutup sajian istimewa pada perayaan Natal.

11. Kue Lampu-lampu (Manado)


Kue Lampu-lampu dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan santan yang diberikan perasan air daun suji. Kue basah yang satu ini akan menjadi penutup yang manis dalam hidangan Natal kamu dan keluarga.





Bagikan

Jangan lewatkan

kue khas natal dari seluruh dunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.