Sunday 20 November 2016

Perbedaan Gelato, Ice cream dan Sorbet

          Hai apa kabar nih semuanya kali ini kami akan membahas tentang perbedaan antara gelato, ice cream dan sorbet  yang secara kasat terlihat sama tetapi saat kita cicipi memiliki karakteristik yang berbeda. Masih bingung dengan perbedaan ketiganya? Check it out!


Gelato 




        Gelato sebenarnya adalah bahasa Italia yang berarti es krim. Kata gelato sendiri berasal dari kata 'congelati' yang berarti beku. Meski demikian dalam perjalannya dari dulu hingga sekarang  gelato menjadi jenis tersendiri. Gelato dibuat dari susu utuh dan bukan dari krim susu, gula, kuning telur, dan air. Karena bersifat 'home made', dalam hal bahan baku gelato lebih dinamis. 

        Beberapa juru masak menciptakan gelato dengan tambahan kacang. Beberapa lainnya menghilangkan unsur kuning telur atau susu. Gelato diaduk dengan kecepatan pelan. Ini membuat teksturnya lebih padat. Kemudian dibekukan pada suhu yang lebih panas, sekitar minus 10-15 derajat celcius. Dengan suhu ini, gelato tak tahan lama dan mudah cair. 

         Untuk rasa gelato tak tajam di lidah. Teksturnya juga padat. Rasa susunya lebih terasa. Kandungan lemak pada gelato sangat rendah. Gelato mengandung sekitar 4%-8% lemak susu, lebih rendah dari lemak yang terkandung pada es krim. Karena rendah lemak, biasanya gelato mengandung gula yang agak tinggi agar tidak terdapat pembentukan kristal es yang besar. 

Ice Cream 


             ice cream sesuai namanya memiliki rasa krim yang kuat. Bahan dasarnya, selain krim ialah kepala susu (bukan susu), dan kuning telur. Proses pencampuran bahan-bahan ini adalah dengan diaduk secara cepat dan kuat. Pengadukannya menggunakan mesin. Ini membuat banyak gelembung udara masuk ke bahan yang sedang diaduk.


          Seporsi es krim dalam proses pengadukannya bisa mengembang 25 hingga 90 persen. Sederhananya semakin padat sebuah es krim semakin bagus kualitasnya. Es krim kualitas premium bisa hanya mengembang sekitar 25 persen. Es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius. Ini yang menyebabkan es krim terasa tajam di lidah namun ini juga yang membuat es krim lebih tahan lama. 

          Secara rasa, es krim lebih kuat rasa krimnya. Teksturnya juga lebih lembut dan mudah hancur karena tinggi kandungan gelembung udara. Sementara, kandungan lemak es krim berkisar antara 12-14 persen, paling tinggi jika dibandingkan dengan gelato dan sorbet. Kandungan lemak susu yang tinggi tersebut menghasilkan tekstur yang lebih lembut. Es krim terbuat dari krim susu, telur, serta penambah rasa lainnya seperti coklat, vanilli, atau buah-buahan.

Sorbet


           Sorbet dalam sejarahnya adalah makanan yang dibuat dari salju. Jadi, teksturnya ya seperti serbuk es. Bahan baku sorbet modern sangat sederhana: buah, air, dan gula. Proses pembuatannya hanya perlu memblender buah air dan gula lalu bekukan dalam freezer. Setelah beku, keluarkan dan blender kembali. Lakukan hal tersebut hingga tiga sampai lima kali dan jadilah sorbet yang sehat. Sorbet juga terkenal dengan rasa buahnya yang dominan, karena memang terbuat dari buah asli.

         Gimana? Jadi ngiler kan pengen cobain es krim, gelato, sekaligus sorbet! Nah, buat kamu yang pengen makan es krim dan gelato  sudah banyak banyak dijual di toko di Jakarta  atau dapat membuatnya sendiri di rumah 

nantikan postingan kami tentang resep membuat gelato, ice cream dan sorbet ya...

Bagikan

Jangan lewatkan

Perbedaan Gelato, Ice cream dan Sorbet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.